https://cilegon.times.co.id/
Pendidikan

UIN Banten Resmi Kukuhkan Enam Guru Besar, Inilah Nama-namanya

Selasa, 05 Maret 2024 - 10:00
UIN Banten Resmi Kukuhkan Enam Guru Besar, Inilah Nama-namanya Moment pengukuhan Enam Guru Besar UIN SMH Banten. (Foto : Muhammad Uqel / Times Indonesia).

TIMES CILEGON, BANTEN – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof Dr H Nizar Ali, MAg mengukuhkan enam Guru Besar Universitas Islam Negeri atau UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Auditorium Lt.3 Gedung Rektorat UIN Banten.

Keenam Guru besar tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Yanwar Pribadi, S.S., M.A., Ph.D sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Antropologi Agama
  2. Prof. Dr. Suryani, M.Si. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Islam
  3. Prof. Dr. Ahmad Qurtubi, M.A. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan
  4. Prof. Dr. H. Rumbang Sirojudin, M.A. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam
  5. Prof. Dr. Itang, M.Ag. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Islam
  6. Prof. Dr. Yuyun Rohmatul Uyuni, M.Ag. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Arab.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemenag RI Nizar Ali menegaskan bahwa Kementerian Agama sangat serius melakukan penilaian dan penetapan Guru Besar dengan tetap berkomitmen pada kualitas pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, di lingkungan PTKIN, peran dan tanggungjawab tidak ada bedanya dengan perguruan tinggi umum lainnya yang ada di Indonesia.

"Pada umumnya mereka adalah seorang peneliti pada bidang akademisi yang digeluti, perjuangan yang diterima dan dihadapi tentunya akan bisa berdampak positif kepada para mahasiswa yang akan diajarkan. Terutama pada keilmuan yang didalami dan difokuskan sebagai Guru Besar di UIN Banten ini," ujarnya, Selasa (5/3/2024). 

Dikatakan Nizar, sejak ditetapkannya Peraturan Menteri Agama atau PMA Nomor 7 tahun 2021 Kementerian Agama telah melahirkan Guru Besar Rumpun Ilmu Agama pada tahun 2021 hingga 2023 sebanyak 435 Profesor.

Rinciannya, tahun 2021 sejumlah 15 Profesor, tahun 2022 sejumlah 90 Profesor dan 2023 sebanyak 330 Profesor. Secara rumpun ilmu umum yang ditetapkan Kemendikbud Ristek  RI berjumlah 282 Profesor dengan rincian, tahun 2021 sebanyak 97 Profesor, tahun 2022 sebanyak 28 Profesor , dan tahun 2023 sebanyak 158 Profesor.

"Jadi dalam kurun waktu 2 tahun ini kurang lebih kita telah mengukuhkan 718 Guru Besar," katanya. 

Maka dari itu, lanjut Nizar, Kemenag RI mengharapkan kepada Guru Besar yang telah dikukuhkan agar keilmuan yang diperoleh dan diperdalami bisa menjadi kebermanfaatan kepada masyarakat sekitar, terutama perkembangan Mahasiswa dan kampus UIN Banten tercinta.

Tak lupa, Nizar Ali mengucapkan terima kasih kepada Guru Besar yang telah menjadi pilar utama bagi mutu pendidikan di Indonesia.

"Dan saya mengharapkan kepada Guru Besar ini untuk memiliki sifat yang rendah hati dan tidak memiliki sifat yang sombong bagi di lingkungannya. karena gelar akademisi tertinggi telah diperoleh, mari diamalkan sebaik mungkin demi membangun peradaban pendidikan yang lebih baik," harapnya.

Sementara itu, Rektor UIN SMH Banten Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd menuturkan, bahwa pandangan Ziauddin Sardar, yang diperlukan saat ini oleh umat Islam adalah merekonstruksi peradabannya.

Caranya dengan melakukan eksplorasi epistemologi sains Islam dan terus mengembangkannya yang didukung penuh oleh segala unsur umat Islam di seluruh dunia dengan membentuk jaringan-jaringan yang saling bekerjasama.

"Mari kita membangun mulai dari Pendidikan dan Resosialisasi, Pemahaman Komprehensif, Keterlibatan Komunitas, Dukungan Pemerintah, Jaringan dan Kolaborasi untuk meningkatkan kesadaran umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan peradaban Islam," ungkapnya.

Karena baginya, kata Wawan, masa depan peradaban Islam sangat bergantung kepada cara pandang umat Islam dalam melihat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang dikuasai Barat saat ini terkait dengan interpretasi mereka terhadap nilai-nilai Islam dan sejarah masa lalu mereka yang gemilang.

"Jika umat Islam menginginkan masa depan peradabannya yang cerah, maka yang harus dilakukannya adalah bukan hanya dengan memandang Islam sebagai agama tapi juga sebagai peradaban," tuturnya.

Acara pengukuhan ini dibingkai dengan kegiatan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Pengukuhan Guru Besar UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang dihadiri langsung Sekjen Dirjen Pendis Kemenag RI, Kepolisian Daerah, Kedutaan Besar dari Negara Asing, Jajaran Pimpinan Universitas, Fakultas dan Jurusan UIN Banten. (*)

Pewarta : Muhammad Uqel Assathir
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilegon just now

Welcome to TIMES Cilegon

TIMES Cilegon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.